Home » » Algoritma Baru Google: Apakah Ada Efek terhadap Blog?

Algoritma Baru Google: Apakah Ada Efek terhadap Blog?

Apakah ada efek pada blog hasil dari algoritma baru Google?


Pada tanggal 21 April 2015 kemarin, Google membuat algoritma baru pada semua fasilitas google termasuk pada blog google yang disebut blogspot. Apa sebenarnya perbedaan pada algoritma yang baru dengan yang lama?

Pada algoritma yang baru ini, google mengedepankan algoritma yang lebih mobile friendly. Apa maksudnya? Maksudnya yaitu, jika pada blog, maka blog harus lebih mudah dibaca oleh orang yang mengakses blog tersebut. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan banyak orang yang mengakses internet di HP Smartphone yang sekarang ini sedang nge-trend.

Jika suatu blog tidak mobilefriendly, maka siap-siap blog tersebut trafiknya akan menurun tajam. Hal ini dikarenakan orang yang mengakses blog memakai mobile tidak akan muncul pada halaman depan mobile tersebut.

Pada saat pencarian di HP Smartphone, google menggunakan alat pencari yang disebut MobileGeddon. Inilah yang membuat blog tidak akan terbaca oleh mobile jika blog tersebut tidak responsive. Namun MobileGeddon ini tidak akan berpengaruh jika pengguna internet mencari info di google menggunakan PC atau desktop.

"The update will not affect results from desktop searches," kata Google.
Kemudian, bagaimana kita tahu bahwa blog kita mobilefriendly atau tidak?

Google menyediakan "Mobile-Friendly" test page untuk membantu para blogger atau webdeveloper untuk memastikan situsnya responsive dan tidak kena dampak MobileGeddon. The URL: https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/

Situs Web atau blog yang tidak mobile friendly akan dihukum. "Situs web yang tidak bisa diakses dengan baik di smartphone akan mulai dihukum oleh semua mesin pencari yang powerful milik Google," tulis situs CNBC.

Silakan sahabat cek menggunakan alat cek di atas, apakah blog sahabat semua sudah mobilefriendly atau belum? Karena aagiems penasaran, maka aagiems juga melakukan cek tersebut. Dan hasilnya seperti di bawah ini:

Hasil Cek Mobile-Friendly aagiems.blogspot.com
Hasil Uji Mobile Friendly pada Blog aagiems.blogspot.com

Alhamdulillah, Blog aagiems.blogspot.com ini sudah mobilefriendly. Selamat mencoba! Semoga blog sahabat juga sudah mobilefriendly sehingga kita masih bisa tetap berbagi ilmu. Aamiiin.

Demikianlah informasi tentang Algoritma Baru Google: Apakah Ada Efek terhadap Blog? Semoga Bermanfaat!

Sumber: http://contohblognih.blogspot.com

Terimakasih artikelnya Kang CB :)

1 komentar:

  1. waw artikel yang sangat menarik dan sangat membantu juga bermanfaat buat saya. ditunggu postingan berikutnya ya

    Terima Kasih

    BalasHapus


Langganan via Email

Posting Terbaru

VIVA.co.id

@aagiems. Diberdayakan oleh Blogger.