Home » » Ujian Sekolah SD/MI Tahun 2015: Jadwal dan Pelaksanaan

Ujian Sekolah SD/MI Tahun 2015: Jadwal dan Pelaksanaan

Jadwal Ujian Sekolah SD/MI Tahun 2015

Setelah jadwal Ujian Nasional bagi SMP dan SMA diterbitkan, sekarang Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI menerbitkan jadwal Ujian Sekolah (US) bagi siwa SD/MI Sederajat yang disebut US/M.

Ujian Sekolah SD/MI 2015
sumber: ujiannasional.org
Hal itu diterbitkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang tercantum dalam Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 009/H/HK/2015 tentang: Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar Luar Biasa, dan Penyelenggara Program Paket A/ULA Tahun Pelajaran 2014/2015

Dengan diterbitkannya jadwal pelaksanaan Ujian Sekolah, maka para siswa SD/MI sederajat harus sudah mempersiapkan diri dari sekarang. Persiapan tersebut yaitu dengan mempelajari soal-soal US tahun sebelumnya, juga mempersiapkan mental supaya tidak down ketika melaksanakan US.

Dilihat dari POS yang diterbitkan oleh Kemendikbud, jadwal Ujian Sekolah SD/MI akan dilaksanakan pada tanggal 18 - 20 Mei 2015 dengan jadwal seperti berikut:
Jadwal US/M Tahun 2015
Jadwal Pelaksanaan US/M Tahun 2015
Dari jadwal tersebut, bisa dilihat bahwa mata pelajaran yang termasuk ke dalam US/M masih seperti tahun sebelumnya yaitu (3) tiga mata pelajaran yang terdiri dari Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). US/M dilaksanakan selama tiga hari.

US/M berbeda dengan UN bagi siswa SMP/SMA. Jika Soal UN dibuat 100% oleh Kemendikbud, maka untuk US/M, soalnya dibuat oleh dua pihak yaitu oleh Kemendikbud sebanyak 25 % dan sisanya sebesar 75% dibuat oleh Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pendidikan Provinsi dan Kantor Wilayah Keagamaan.

Dalam pembuatan soal tersebut, baik Pusat maupun Daerah harus mengacu pada kisi-kisi soal US/M yang telah disusun oleh Kemendikbud. Banyaknya soal tiap mata pelajaran adalah sebagai berikut:
  • Bahasa Indonesia sebanyak 50 butir Pilihan Ganda (PG) dikerjakan dalam waktu 120 menit
  • Matematika sebanyak 40 butir PG dikerjakan dalam waktu 120 menit
  • IPA sebanyak 40 butir soal PG dikerjakan dalam waktu 120 menit.
Yang harus diperhatikan oleh para siswa adalah ketika pengisian kertas jawaban. Kertas Jawaban yang dipakai pada US/M 2015 yaitu Lembar Kertas yang dapat dipindai atau di scan oleh komputer sehingga harus lebih berhati-hati. Pengisian LJK tersebut harus menggunakan pensil 2B dan diberi tanda silang yang tebal dan hitam supaya dapat terbaca oleh alat ketika dipindai. Jadi dari sekarang, berlatihlah menggunakan LJK dalam menjawab soal-soal US/M.

Kriteria Kelulusan Ujian Sekolah Tahun 2015

Peserta didik dinyatakan lulus US/M apabila memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan nilai US/M. Kriteria kelulusan US/M ditetapkan melalui rapat pendidik sebelum pelaksanaan US/M yang mencakup:
  1. nilai minimal setiap mata pelajaran US/M, dan
  2. nilai rata-rata minimal mata pelajaran US/M
Oleh karena itu, para siswa harus memperhatikan nilai minimal dan nilai rata-rata mata pelajaran jika ingin lulus dan meneruskan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Itulah Jadwal dan Pelaksanaan Ujian Sekolah SD/MI Tahun 2015. Semoga para guru/siswa/orangtua dan semua pihak yang berkaitan dapat mempersiapkan diri lebih baik.

Mari kita berdoa, semoga semua siswa-siswi SD/MI sederajat diberikan kemudahan dan kelancaran dalam melaksanakan US/M Tahun 2015 ini. Aamiin.

 Jika menginginkan Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah Tahun pelajaran 2014-2015, dapat anda download pada lampiran di bawah ini.

Lampiran: POS_Penyelenggaraan_Ujian_Sekolah_2015.pdf

Lampiran Soal US/M 2015

Semoga Bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar


Langganan via Email

Posting Terbaru

VIVA.co.id

@aagiems. Diberdayakan oleh Blogger.