Home » » Kupon Kopi ABC Hadiah Mobil

Kupon Kopi ABC Hadiah Mobil

Penipuan Berupa Kupon dari Kopi ABC Berhadiah Mobil

Pernahkan anda mendapat kupon berhadiah dari bungkus Kopi ABC Susu? Kuponnya sebanyak 3 (tiga) lembar.

Pada tanggal 11 Maret 2015, pagi-pagi sekitar pukul 09.00 saya berencana akan olahraga badminton di daerah Cimahi. Tapi sekitar 08.00 sebelum berangkat badminton, saya membeli sebungkus kopi ABC Susu kesukaan saya dan beberapa bala-bala dan gehu untuk mengganjal perut supaya tidak terlalu lapar (enak kan pagi-pagi minum kopi ditemani bala-bala dan gehu,hehe).

Singkat cerita, saya tinyuh (seduh) itu kopi dan diminum sambil makan gorengan tersebut. Setelah jam 9an saya berangkat lah badminton ke daerah cimahi.

Keesokan harinya, sekitar pukul 19.00 sepulang kerja, ternyata saya menemukan sebuah gulungan kertas putih. dan setelah dicek ternyata ada tiga lembar kupon yaitu kupon rekomendasi berupa peraturan pengambilan hadiah, Surat Keterangan Kepolisian, dan satu lembar terbuat dari plastik mika kecil bertuliskan ucapan selamat mendapatkan mobil dari ABC Susu. Berikut gambarnya:
Kupon berhadiah mobil Toyota Avanza
Kupon dari Kopi ABC Susu (Sumber: dok.pribadi)
 Secara manusiawi saya merasa kaget dan senang ketika melihat kupon tersebut karena secara ujug-ujug saya akan mendapatkan sebuah mobil toyota avanza. Saya merasa percaya dengan isi dari kupon tersebut karena:
  1. Kupon berada di dalam bungkus kopi,
  2. Bentuk kupon yang membuat orang bisa percaya karena tampilan yang meyakinkan,
  3. Terdapat Nomor Surat dari Depsos dan Surat Keterangan Kepolisian.
  4. Pada peraturan tertulis bahwa Pajak sudah ditanggung oleh pihak perusahaan.
Ketika merasa seperti itu, saya beberapa kali membaca isi dari kupon tersebut dan rasanya ingin cepat besok untuk mengkonfirmasi hal tersebut sesuai yang tertera pada kupon.

Keesokan harinya, saya teringat bahwa banyak modus yang mengatasnamakan undian berhadiah. Merasa penasaran, saya baca kembali isi dari kupon tersebut. Setelah itu, saya merasa ada yang ganjal mulai dari nomor CS yang berbeda dengan yang tertera di bungkus kopi, tanda tangan yang ada dikupon dibubuhi foto pejabat tersebut, dan kesalahan penulisan alamat.

Dari situ saya mulai agak terheran-heran dan sedikit menjadi tidak percaya. Akhirnya saya buka mbah google untuk mengintip informasi tentang undian tersebut. Ternyata ada beberapa fakta:
  1. ketika membuka website dengan alamat www.kapalapi.co.id ternyata kapal api terakhir mengadakan undian pada tahun 2014 yaitu periode 1 Mei-31 Oktober 2014 dan untuk tahun 2015 belum ada program berhadiah,
  2. ternyata pada website tersebut, pemenang tidak dipungut apapun. Namun di kupon disampaikan harus mengirim uang via bank pos untuk mengurus surat-surat kendaraan,
  3. ternyata banyak sekali orang yang sudah mendapatkan kupon tersebut bahkan sejak tahun 2010an. Kebanyakan dari mereka memang menyatakan bahwa itu adalah "Penipuan".
  4. akhirnya untuk memastikan bahwa itu penipuan, saya mencoba mengirim email ke santos@kapalapi.co.id dan ternyata memang itu adalah penipuan. Berikut isi dari balasan email tersebut:
    Balasan email dari Kopi kapal api
    email balasan dari Kopi ABC Susu (sumber: dok.pribadi)


Isi dari balasannya seperti berikut:

Dear Bapak Egie M Sya'ban, 
Dengan Hormat,
Pada kesempatan ini kami dari PT.Santos Jaya Abadi ingin memberikan penjelasan :

1. Bahwa saat ini PT.Santos Jaya Abadi (kopi ABC) tidak mengadakan promo berupa barang, kendaraan atau apapun.
2. Bahwa no.layanan konsumen yang resmi adalah 0-800-1-726867 (SANTOS) tercantum di kemasan bagian luar serta layanan sms 08179991927, tidak ada no.contact person atau nomor lain yang harus dihubungi (Bila ada no.telpon lain di luar dari no.tsb bisa di pastikan palsu dan modus penipuan).
3. Bahwa website resmi dari kopi ABC adalah www.kopiabc.co.id , tidak ada website lain apabila ada dapat dipastikan modus penipuan.
4. Bahwa PT.Santos Jaya Abadi (kopi ABC) tidak pernah bekerja sama dengan pihak/instansi manapun.
5. Berikut ini adalah sedikit informasi yang ingin kami sharing kepada Bapak/Ibu, yaitu mengenai pernyataan pihak kepolisian terhadap aksi penipuan yang menggunakan nama perusahaan dan juga pihak kepolisan. http://megapolitan.kompas.com/read/2010/11/10/1041588/Jangan.Percaya.Undian.Atas.Nama.Kapolda-5
6. Berikut ini adalah sedikit informasi yang ingin kami sharing kepada Bapak/Ibu, yaitu mengenai penangkapan pelaku penipuan dalam kopi ABC. http://www.tempo.co/read/news/2010/12/22/064300872/Lima-Penipu-Kupon-Berhadiah-Kopi-ABC-Dibekuk dan http://news.detik.com/read/2011/07/20/135749/1685192/10/penipu-kupon-undian--abc-mocca--ditangkap
7. Bila yang anda dapatkan di luar dari penjelasan di atas harus di waspadai sebagai bentuk penipuan yang sedang marak saat ini.
8. Bahwa semua informasi dari konsumen sudah kami tindak lanjuti sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku mengenai penipuan dan pencemaran nama baik dengan melaporkannya ke pihak kepolisian.

Demikian tanggapan yang dapat kami berikan, terima kasih untuk perhatiannya.

Hormat kami,
Customer Service
 Itulah informasi yang dapat saya bagikan kepada semuanya. Dapat saya ambil kesimpulan sebagai berikut:
  1. Jika mendapatkan kupon berhadiah, sebaiknya jangan langsung percaya tapi coba cek dulu baik via mbah google, website dari produk yang bersangkutan, maupun via telpon yang ada di bungkus produk,
  2. untuk produk kopi ABC, informasi bisa didapatkan via website http://www.kopiabc.co.id/ dan via email sesuai yang ada di bungkus kopi ABC yaitu santos@kapalapi.co.id
  3. jangan mengirim sejumlah uang via apapun karena biasanya undian tersebut tanpa dipungut biaya apapun.
Jika sudah dicek dan itu benar berhadiah, maka ikutilah petunjuk selanjutnya.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Apakah ada yang pernah terlanjur mengirim uang dan hadiah tidak diterima? Silahkan share disini agar tidak ada yang tertipu.

Terima kasih!

Jika ada penipu yang baca website ini, "SEGERALAH BERTAUBAT, DUNIA HANYA SEBENTAR. JANGAN GADAIKAN AKHIRAT HANYA DEMI DUNIA YANG FANA INI"

5 komentar:

  1. terima kasih sobat..kebetulan saya cari-cari informasi terbaca tutorial ini dan ternya apa yg saya curigai tentang hadiah mobil avanza ini terbukti menipu saja..terima kasih..

    BalasHapus
  2. Saya barusan mendapatkan kupon hadiah 1 buah mobil mercedes benz... haduh... jamannya sudah kacau balau... mulai dari rakyat jelata sampai pejabatnya semuanya ahli tipu...

    BalasHapus
  3. sangat membantu, hari ini saya dapat undian mobil mercedes dg modus penipuan serupa dilengkapi dengan bukti bukti spt diungkap diatas, terima kasih untuk penjelasannya. Banjarmasin 10/2015

    BalasHapus
  4. Kupon yang begitu emang banyak ku jumpai, ttapi saya cuma liat liat doang. Buka baca terus buang

    BalasHapus
  5. temen bapak saya ada yang dapet beginian, untung saya googling dulu, tadinya disuruh transfer sejumlah uang 4,5jt. udah gila mau main transfer aja. penipu soak. hahaha

    BalasHapus


Langganan via Email

Posting Terbaru

VIVA.co.id

@aagiems. Diberdayakan oleh Blogger.