Home » » Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2015

Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2015



Ujian Nasional merupakan proses terakhir yang harus dijalani oleh semua siswa kelas IX dan kelas XII. Proses ini biasanya selalu dikhawatirkan oleh semua siswa, guru, sampai orang tua. Ya, semua itu dikarenakan pemerintah membuat Ujian Nasional dijadikan sebagai satu-satunya faktor kelulusan siswa. Jika dibawah standar kelulusan maka siswa wajib mengikuti ujian remedial. Itulah pelaksanaan Ujian Nasional pada tahun 2014 dan sebelumnya.

Namun di tahun 2015 ini, siswa nampaknya bisa agak lega karena Ujian Nasional kali ini tidak dijadikan sebagai satu-satunya faktor kelulusan. Walaupun Ujian Nasional tahun 2015 ini tidak dijadikan sebagai satu-satunya penentu kelulusan, tapi siswa harus tetap serius mengerjakan karena UN dijadikan sebagai:

  1.  Mutu Pendidikan Indonesia,
  2. Syarat bagi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan Nilai UN dijadikan sebagai tes uji saring,
  3. Mutu Pendidikan Sekolah,
Memang tahun 2015 masih ada Ujian Nasional?

Pertanyaan ini sempat ramai dibicarakan di kalangan masyarakat karena sempat ada rumor bahwa pada tahun ini tidak akan ada Ujian Nasional. Tetapi itu hanya rumor karena ternyata pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia sudah resmi mengumumkan bahwa Ujian Nasional Tahun 2015 tetap dilaksanakan.

Ujian Nasional tahun 2015 akan diikuti oleh seluruh siswa dari jenjang SMA/SMK/MA/Sederajat dan SMP/MTs/Sederajat dengan jadwal sebagai berikut:
  • UN Jenjang SMA/Sederajat dilaksanakan pada tanggal 13-15 April 2015
  • Pengumuman hasil UN SMA/Sederajat pada tanggal 18 Mei 2015
  • UN Jenjang SMP/Sederajat  dilaksanakan pada tanggal 4-7 Mei 2015
  • Pengumuman hasil UN SMP/Sederajat pada tanggal 10 Juni 2015
Pemerintah menetapkan bahwa pelaksanaan UN tahun 2015 masih menggunakan format seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu soal dalam bentuk Pilihan Ganda (PG) dan dikerjakan pada Lembar Jawaban Komputer (LJK).

0 komentar:

Posting Komentar


Langganan via Email

Posting Terbaru

VIVA.co.id

@aagiems. Diberdayakan oleh Blogger.